Selamat datang di LKP-Smart Computer, tempat untuk berbagi dan memberi informasi

8 Sept 2013

Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Kursus

,
Pendidikan mungkin kata yang sangat sering sekali kita dengar di telinga kita, dan Pendidikan Formal menjadi hal yang wajib saat ini. Sebenarnya tidak hanya sampai disitu saja pendidikan ini kita tempuh, masih ada Pendidikan Non Formal yang saat ini sudah mulai banyak berkembang di antara masyarakat kita. Akan tetapi dalam hal wajib atau tidak itu kita serahkan bagaimana masyarakat itu sendiri yang menilainya. Salah satunya melalui Lembaga Kursus dan Pelatihan yang banyak didirikan masyarakat baik secara individu atau membentuk dalam sebuah kelompok- kelompok belajar. Misalnya saja Lembaga Kursus dan Pelatihan di bidang Komputer yang saat ini banyak dicari masyarakat mengingat ketrampilan komputer banyak dibutuhkan oleh berbagai pihak seperti perusahaan ataupun lembaga-lembaga lain baik negeri maupun swasta. Disisi lain dengan memberikan bekal pendidikan yang bermutu dengan kebutuhan masyarakat  saat ini sehingga setiap lulusan kursus dan pelatihan dapat masuk di dunia kerja atau menciptakan lapangan kerja baru, serta dapat menghasilkan produk barang dan jasa yang inovatif sehingga mampu memberdayakan potensi masayarakat local dalam hal meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan dalam hal mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdayasaing tinggi menjadi lebih pas dan strategis sebagai tambahan ketrampilan di luar Pendidikan Formal. Dewasa ini perkembangan lembaga kursus dan pelatihan terus berkembang dengan pesat, baik dalam hal jumlah lembaga ataupun dari berbagai jenis pelatihan yang dibuka. Hal ini juga dibarengi dengan meningkatnya keinginan masyarakat akan pendidikan diluar pendidikan formal. Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan upaya-upaya pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, serta meningkatkan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik dalam rangka pembinaan dan pengembangan kursus.

Peran Pemerintah
Terlepas dari semua ini peran pemerintah sangat menentukan sekali terhadap kelangsungan hidup bagi Lembaga dan Pelatihan yang saat ini banyak sekali tersebar diseluruh pelosok daerah. Dan disini kami menganggap pemerintah pusat dan daerah sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan bagi Lembaga kursus dan pelatihan. Ini dibuktikan melalui peningkatan mutu penyelenggaraan layanan PNF bagi masyarakat, baik dari segi pendidik dan tenaga kependidikan maupun dari lembaga itu sendiri. Sebagai contoh melalui peningkatan mutu yang notabene diarahkan dalam upaya pengembangan profesionalisme yang mengacu pada kepuasan masyarakat akan pendidikan diluar pendidikan formal. Sebagai contoh pemerintah melakukan penilaian terhadap kinerja lembaga dan pelatihan serta dilakukan akreditasi jika mana lembaga dan pelatihan dirasa sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan pemerinta

Menciptakan Lapangan Kerja
Dari uraian diatas kita akan menjadi lebih tahu bahwa Lembaga kursus dan pelatihan sangatlah mungkin untuk menjadi tujuan kita jika kita tidak melanjutkan pendidikan tingkat lanjut bahkan bisa menjadi solusi jitu bagi masyarakat yang putus sekolah. Saat ini kita menuntut disediakannya lapangan kerja baru sedangkan keahlian yang kita miliki kadang terbatas. Oleh karena itu kita bisa mandiri melalui Lembaga pelatihan dan kursus dan tidak hanya terpaku pada tersedianya lapangan kerja baru yang disiapkan oleh pemerintah pusat ataupun daerah. Tapi tidak ada salahnya juga kita sendirilah yang mampu menciptakan lapangan kerja baru guna mengurangi pengangguran produktif yaitu melalui jalan Pendidikan Non Formal dengan berbagai jenis kursus dan pelatihan. Artinya kita juga harus memliki timbal balik dengan pemerintah saat ini, dan tidak harus menunggu uluran kebijakan dari pemerintah. Jika kita menanamkan rasa mandiri sejak dini tidak menutup  kemungkinan semua itu bias terwujud dan terlaksana. Solusi Pendidikan melalui Pendidikan Non Formal (Kursus dan Pelatihan ) dirasa sangat masuk akal.
h. Ini membuktikan bahwa pemerintah ikut andil besar karena disamping itu masyarakatlah yang memberikan inspirasi dan pemerintahlah yang memberikan fasilitasnya.

0 comments to “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Kursus”

Post a Comment

Untuk membuat blog ini tetap bermanfaat silahkan tinggalkan pesan.

 

Lkp-Smart Computer Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates